Cara Belanja Online Tanpa Kartu Kredit

 

Belanjar Online Tanpa Kartu Kredit - Bagaimana cara membayar atau belanja online hanya dengan kartu debit? Padahal untuk transaksi pembayaran online yang diminta oleh penjual adalah identitas kartu kredit? Solusinya tentu saja dengan memanfaatkan fasilitas Virtual Credit Card atau yang siring di sebut VCC.

Jika demikian berarti harus membayar lagi untuk jasa Virtual Credit Card ya? Tidak juga. Seperti yang saya sampaikan di atas, hanya dengan menggunakan kartu debit dari bank - kamu dapat melakukan transaki layaknya pembayaran dengan kartu kredit.

Dengan fasilitas kartu kredit virtual ini kamu bisa melaukan transaki online seperti membeli domain murah dan sewa layanan hosting terbaik dari beberapa penyedia layanan dari luar negeri - kamu juga bisa memasang iklan untuk penjualan brand kamu pada layanan iklan google, dan masih banyak lagi kegunaan lainnya.

Dari pengalaman saya menggunakan layanan kartu kredit virtual dari bank ini, hampir semua layanan jasa online yang saya gunakan dan membutuhkan transaksi dengan menggunakan kartu kredit berlogo MasterCard bisa saya nikmati. Fasilitas ini benar-benar sangat memudahkan aktivitas saya.

Belanja Online Tanpa Kartu Kredit
Membayar Tagihan dan Belanja Online Tanpa Kartu Kredit


Bagaimana Cara Mendapatkan Kartu Kredit Virtual itu?

Mungkin anda pernah mendengar sebelumnya tentang fasilitas ini namun belum pernah mencoba, atau ragu-ragu untuk mencoba layanan ini karena tidak begitu paham tentang proses penggunaannya. Sebenarnya kartu kredit ini adalah layanan yang cukup aman karena penggunaannya mirip seperti mengisi pulsa pada nomor telepon untuk sekali pakai.

Untuk contoh yang pernah saya gunakan dan cukup mudah dalam penggunaannya adalah layanan kartu kredit virtual dari bank BNI 46 yang dikenal dengan sebutan Virtual Credit Number (VCN). Ada baiknya anda menggunakan juga fasilitas SMS Banking untuk mendukung penggunaan layanan ini.

Mengapa harus menggunakan juga layanan SMS Banking? Karena informasi transaksi dan konfirmasi akan dikirimkan melalui layanan SMS Banking ini. Yang saya maksudkan di sini adalah anda telah mengaktifkan layana financial SMS Banking, yakni layanan penuh dimana anda bisa melakukan transaksi perbankan hanya dengan SMS - seperti misalnya transfer uang dan beberapa transaksi lainnya dengan fasilitas SMS Banking.

Jadi, untuk dapat memenikmati fasilitas ini anda harus memenuhi prasyarat dari Bank BNI sebagai berikut:
  1. Anda adalah nasabah di BNI yang memiliki tabungan atau giro untuk jenis:
    • BNI Taplus
    • BNI Taplus Muda
    • BNI Taplus Bisnis
    • BNI Emerald Saving
    • BNI Giro Perorangan
  2. Anda telah melakukan proses pendaftaran serta aktivasi untuk layanan SMS Banking baik untuk transaksi non financial maupun transaksi finansial dengan kartu debit BNI yang memiliki logo MasterCard serta nomor handphone anda telah terdaftar


Saya Telah Memenuhi Prasayarat Di Atas, Tapi Apakah Ini Aman Untuk Digunakan?

Seperti yang saya sampaikan sebelumnya bahwa cara penggunaan Virtual Credit Number ini sama halnya dengan pengisian pulsa pada nomor telepon telepon untuk sekali pakai lalu kemudian digantikan lagi dengan nomor telepon lain ketika pulsa telah habis digunakan. Untuk penjelasan lebih rinci adalah sebagai berikut:
  • Transaksi online dapat dilaukukan secara aman tanpa perlu cemas akan kemungkinan terjadinya resiko rugi akibat cyber fraud yang sering terjadi pada penggunaan kartu kredit. Karena nomor asli kartu debit anda tetap terjaga kerahasiaannya (anda akan diberikan nomor temporer yang digunakan untuk transaksi dengan penjual online)
  • Nomor Virtual Credit Number yang diberikan pada saat proses request melalui SMS Banking hanya berlaku sementara dengan waktu terbatas (dua jam) dan hanya bisa digunakan untuk satu kali transaksi saja, jadi semakin mengurangi kemungkinan adanya resiko penipuan
  • Virtual Card Number juga dapat mengatur kendali belanja anda karena anda dapat mengatur maksimal penggunaan yang bisa dipaka untuk setiap VCN ini


Menggunakan Kartu Kredit Virtual
Menggunakan Virtual Credit Number


Oke, Saya Sangat Paham - Lalu Bagaimana Cara Menggunakannya?

Syntax untuk meminta layana Virtual Card Number adalah:
req vcn (nominal)

Dikirim ke nomor 3346. Misalnya jika anda hendak meminta VCN dengan nominal pengisian Rp. 250.000,- Maka, SMS yang harus anda kirimkan ke nomor 3346 adalah : req vcn 250000

Setelah itu anda akan menerima SMS konfirmasi yang meminta anda untuk memasukan 2 (dua) digit nomor PIN anda secara acak. Lalu jika proses berhasil, anda akan menerima SMS yang berisi informasi Virtual Credit Number anda yang terdiri dari 16 digit angka beserta keterangan masa aktif beserta dengan 3 (tiga) digit angka nomor CVC2.

SMS Informasi yang terakhir inilah yang anda gunakan pada transaksi online anda nanti. Pada tahap ini, meskipun nominal jumlah uang yang telah anda masukkan tadi (misal Rp. 250.000,-) telah terdaftar pada Virtual Credit Number namun tidak akan mengurangi jumlah nominal pada tabungan anda, dan baru akan terpotong jika anda melaukukan transaksi nantinya.

Misal untuk contoh di atas, nominal yang terdaftar adalah Rp. 250.000,- namun transaksi yang terjadi hanya bernilai Rp. 200.000,- Maka yang terpotong pada tabungan anda hanya sejumlah Rp. 200.000,- saja. Jadi kelebihan pada saat mendaftar atau request Virtual Credit Number tidak akan terpakai.

Demikian informasi singkat tentang Cara Belanja Online Tanpa Menggunakan Kartu Kredit serta contoh penggunaannya untuk nasabah bank BNI. Apabila anda mengalami kendala dalam penerapannya, atau memiliki pengalaman lain dalam menggunakan Kartu Kredit Virtual dari layanan bank lain, dapat memberi tahu saya lewat kolom komentar di akhir artikel ini. Semoga dapat bermanfaat.


Cara Belanja Online Tanpa Kartu Kredit 4.5 5 RaiL Belanjar Online Tanpa Kartu Kredit - Bagaimana cara membayar atau belanja online hanya dengan kartu debit? Padahal untuk transaksi pembayar...


4 comments:

  1. Mas... artikelnya sangat menarik...
    Bahkan iklan GA pun menjadi "iklan kartu kredit"
    Sukses selalu Mas... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mas Dedy, GA relevan kemungkinan karena keyword yang dibidik memiliki tingkat persaingan yang tinggi - artinya, banyak yang memasang iklan untuk keyword tersebut. Saya baru saja coba-coba menerapkan teknik ini pada beberapa tulisan terakhir :)

      Delete
  2. semakin maraknya toko online saat ini memang menjadikan pemilik bisnis tersebut harus kreatif, salah satunya dengan menawarkan fitur belanja dengan cicilan atau tanpa menggunakan kartu kredit. nice post om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali gan. Khususnya untuk belanja online luar negri yang mengharuskan penggunaan kartu kredit untuk belanja kini dapat diakali dengan cara ini. Dengan beberapa syarat tentunya. Makasih kujungan serta komentarnya.

      Delete

Isi komentar yang mengandung link aktif (untuk tujuan mencari backlink) akan diblokir oleh system dan akan segera dihapus.

Powered by Blogger.

Copyright © Iternesia.com. All Rights Reserved.